30 September 2013
Category:
Ide Bisnis
Comments: 0

Berbagai Gagasan Untuk Memilih Sebuah Bisnis

ide-bagusSebagian besar hobi dapat memperoleh peluang menjadi bisnis pada salah satu dari sepuluh model bisnis berikut.  Saran saya adalah Anda membaca daftar berikut ini dengan wawasan terbuka. Jangan terburu-buru menyimpulkan. Baca saja seluruhnya beberapa kali, kemudian tuliskan di selembar kartu dalam buku catatan Anda. Lalu, dalam beberapa hari berikutnya, kapan saja Anda mempunyai kesempatan, mulailah bekerja memeriksa daftar ini dan lihat betapa banyak bisnis yang dapat Anda mulai dari hobi Anda.

Ingatlah bahwa umumnya wirausahawan sukses yang berbasis di rumah mempunyai lebih dari satu bisnis. Mereka tidak membuat masa depan mereka berisiko dengan satu usaha saja, tetapi mereka mempunyai sejumlah bisnis terpisah yang lebih kecil. Jadi, bahkan jika Anda sudah memutuskan struktur bisnis yang Anda ajukan, jangan takut untuk membiarkan imajinasi Anda berkembang bebas dan lihat apa lagi yang dapat Anda capai.

BISNIS PEMASARAN

Mungkin ini adalah model bisnis paling umum dari semua model bisnis-yaitu, Anda dapat membeli suatu produk secara borongan atau membuat produk sendiri, kemudian menjualnya secara eceran.

Contoh dari bisnis tipe ini adalah pedagang buku kuno, toko kerajinan, pedagang benda seni, pedagang barang antik, dan sebagainya.

BISNIS JASA LAYANAN

Bisnis jasa layanan adalah bisnis yang menjual keterampilan diri sendiri, misalnya tukang kebun yang menawarkan jasa mengurus kebun, atau Anda menawarkan bisnis dengan mempekerjakan orang lain dan Anda memasarkan keterampilan mereka.

Contoh bisnis jasa layanan adalah jasa berkebun, jasa mengajak anjing jalan-jalan, jasa desain interior, dan jasa desain taman.

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk mempekerjakan orang lain.

Cara lain adalah dengan mempekerjakan orang lain dan “menyewakan” keterampilan serta pengalaman mereka. Misalnya, dalam bisnis berkebun, kita mempekerjakan orang lain untuk melakukan bermacam-­macam hal, termasuk berkebun, mengajar, dan mendesain kebun. Pada intinya, kita “menyewa” keterampilan mereka dan menjual mereka kepada klien kita untuk mendapatkan keuntungan yang kemudian kita pakai untuk membayar mereka dari hasil pembayaran klien kita.

BISNIS PENGAJARAN

Apa pun hobi yang menarik minat Anda, pasti selalu ada orang baru yang dengan antusias bergabung dan ingin mencari tahu sebanyak mungkin mengenai hobi mereka yang baru.

Peluang bisnisnya di sini adalah mengatur kelas dan kursus sehingga Para pendatang baru serta mereka yang sudah berpengalaman dapat mempelajari segala sesuatunya. Contoh dari bisnis pengajaran, termasuk mengelola dan menjalankan kursus menulis kreatif, kursus memancing, kursus memasak, kursus merangkai bunga, dan kursus membuat barang kerajinan atau kursus membuat lilin.

Anda tidak harus menjadikan diri Anda sebagai seorang ahli untuk memulai dan menjalankan bisnis jenis ini. Asalkan Anda seorang pengelola yang terampil dan mampu berpromosi serta memasarkan klrrsus Anda, Anda dapat mempekerjakan guru atau mereka yang mempunyai pengetahuan khusus untuk memberikan kursus.

Misalnya, saya menyelenggarakan kursus berkebun dan tidak pernah mengalami kesulitan mendapatkan guru yang cukup berkualitas untuk kelas-kelas saya.

BISNIS KEGIATAN

Hobi memberikan peluang bisnis yang tak terbatas bagi siapa saja yang punya keterampilan mengelola.

Jenis bisnis yang kita lihat di sini adalah mengelola acara liburan melukis, liburan menulis kreatif, liburan jalan-jalan, liburan berlayar, Liburan jalan ke taman umum atau tempat-tempat menarik, dan perjalanan memancing di laut yang dalam.

Kemungkinannya amat banyak dan yang istimewa dari bisnis tipe ini adalah yang Anda perlukan untuk memulainya adalah meja dapur Anda. Misalnya, jika Anda merencanakan untuk menjalankan liburan menulis kreatif, Anda tidak perlu memiliki penginapan sendiri, hotel, atau tempat untuk menjalankan kegiatan itu. Anda hanya perlu menemukan hotel atau tempat yang sesuai untuk melaksanakan kursusnya, bernegosiasi untuk mendapat kesepakatan terbaik dengan pemiliknya, dan mengelola liburan Anda.

BISNIS PAMERAN

Ini adalah bisnis tempat Anda mengatur kegiatan pameran tingkat lokal, nasional, dan secara maya.

Bisnis ini cocok jika hobi Anda, termasuk fotografi, melukis, mengatur bunga, kerajinan, membuat lilin, dan sebagainya.

Keuntungan Anda diperoleh dari bayaran yang Anda tarik dari para peserta yang ingin berpameran di kegiatan pameran Anda dan atau komisi dari apa yang dijual peserta.

PEMBELIAN BORONGAN

Dari pada sekadar menjual produk eceran, Anda juga dapat menjadi pemborong. Bisnis ini layak diteliti untuk melihat produk apa yang dapat Anda impor, kemudian dijual di pasar lokal.

Ada sejumlah pekan perdagangan internasional yang dilakukan setiap tahun, tempat Anda dapat bertemu dan mendapatkan bisnis yang mencari agen untuk produk-produk mereka.

Rahasia dari bisnis semacam ini adalah menjauh dari produk utama hobi Anda dan mencari barang yang sulit ditemukan orang. Barang ini biasanya diabaikan oleh bisnis besar karena mereka tidak percaya bahwa mereka dapat menjualnya dalam jumlah besar untuk disesuaikan dengan pengeluarannya.

PERLOMBAAN

Anda dapat mengadakan segala macam perlombaan yang berbasis hobi, misalnya perlombaan melukis, menulis kreatif, puisi, fotografi, dan lain-lain.

Keuntungannya berasal dari biaya mengikuti lomba dan sebagian dari biaya itu, kemudian dialihkan sebagai uang hadiah.

Meskipun bisnis ini bukan bisnis besar, mengadakan perlombaan dapat menjadi cara bagus mempromosikan bisnis Anda sambil memperoleh pendapatan lumayan.

BERBAGI INFORMRSI

Bisnis berbagi informasi adalah bisnis tempat Anda menjual informasi mengenai hobi atau minat khusus Anda.

Contoh dari bisnis jenis ini adalah:

  • membuat situs internet tempat Anda menyusun daftar semua, kegiatan yang akan menarik minat mereka yang turut serta dalam hobi Anda dan menarik biaya dari keanggotaan atau biaya berlangganan;
  • menerbitkan buku pedoman Anda sendiri, atau direktori tahunan berisi daftar semua informasi mengenai hobi khusus Anda;
  • menerbitkan majalah Anda sendiri atau lembar berita secara teratur.

BISNIS PERSEWAAN

Apa pun hobi Anda, peluangnya adalah ada sesuatu yang dapat Anda sewakan untuk mereka yang amat berminat.

Contoh dari bisnis semacam ini adalah bisnis persewaan sepeda, kail pouncing, kapal motor, peralatan fotografi, vila untuk liburan, tenda dan peralatan kemah, perlengkapan kebun, tanaman dalam pot untuk kantor, hotel, dan rumah tinggal, serta peralatan pendukung panggung dan film.

Jasa persewaan dapat menjadi cara bagus untuk menghasilkan keuntungan tambahan bagi bisnis penjualan tradisional. Katakanlah, Anda membuka toko sepeda-mengapa tidak menawarkan juga sewa sepeda ?

Apa pun yang Anda rencanakan untuk Anda jual-apa yang dapat Anda sewakan untuk mendukung penjualan Anda?

Jika Anda kolektor mobil klasik, dapatkah Anda sewakan kendaraan Anda ke perusahaan film?

Atau, jika Anda seorang penyedia jasa makanan untuk acara di luar ruangan, dapatkah Anda juga memberikan jasa persewaan gelas dan piring dalam bisnis Anda?

Jangan Membatasi Gagasan Anda pada Hobi Anda atau Apa yang Menarik Minat Anda

Jangan takut untuk memperluas pencarian Anda guna mendapatkan gagasan bisnis Anda di masa depan.

Meskipun banyak gagasan bisnis yang sukses berasal dari hobi, jangan batasi pemikiran Anda hanya pada bidang yang betul-betul Anda kenal. Ketika Sir Alan Sugar mendirikan Amstrad, dia bukanlah seorang ahli komputer atau perangkat lunak, melainkan seorang wirausahawan yang melihat sebuah celah di pasar.

Demikian pula, ketika Karan Bilimoria memulai perusahaannya, Cobra Beer, dia bukan seorang peracik minuman atau mempunyai pengetahuan tentang industri minuman dan pasar restoran India. Dia hanya melihat bahwa ada peluang di pasar dan berusaha untuk memanfaatkan peluang tersebut.

Richard Branson juga tidak mempunyai pengalaman sebelumnya tentang bagaimana menjalankan kapal terbang ketika dia memulai Virgin Airlines, yang memberikan jasa penerbangan lintas Atlantik.

Dan, Anita Roddick, pendiri The Body Shop, sebelumnya bukanlah seorang penjual kosmetik eceran ketika memulai bisnisnya. Pengalaman bisnisnya sebelumnya adalah menjalankan usaha penginapannya sendiri dan sebuah kafe, dan menurutnya, dari kedua usaha, tidak ada yang benar-benar sukses.

Sesuatu yang sama-sama dimiliki oleh para wirausahawan sukses adalah kemampuan luar biasa untuk menemukan barang bagus berikutnya” : Setidak-tidaknya itulah yang akan dikatakan kepada Anda oleh orang yang bukan wirausahawan. Saya sudah seeing mendengar orang berkomentar, “Mereka (para wirausahawan sukses) mempunyai bakat atau pengetahuan di dalam dirinya untuk menemukan peluang berikutnya yang terbaik.” Padahal, kenyataannya mereka biasa-biasa saja-sama sekali tidak punya ilmu sulap atau pengetahuan spesialis. Namun, wirausahawan sukses akan terus bertahan saat menghadapi kegagalan, rintangan demi rintangan, hingga mereka mendapat gagasan yang tepat pada saat yang tepat.

Dan, itulah yang menjadi kunci sukses dalam usaha Anda.

Bersiap-siaplah menghadapi rintangan. Bersiap-siaplah untuk menerima hantaman justru pada saat Anda yakin bahwa Anda sudah mendapatkan apa yang Anda yakini sebagai induk dari scmua gagasan, tetapi kemudian mengetahui ada orang lain yang mengalahkan Anda di tempat, atau ada rintangan lain yang tidak dapat dihindari yang menghadang jalan Anda.

Ketika Anda mempertimbangkan bahwa menurut bank, hanya satu dari empat bisnis baru yang dapat bertahan selama tahun pertama perdagangan dan sesudah itu, hanya satu dari empat yang benar-benar ­lancar akan bertahan hingga tahun ketiga, Anda tidak membutuhkan saya untuk mengatakan bahwa ada banyak peluang Anda untuk sukses. Hal itu tidak perlu membuat Anda khawatir atau merasa terhambat.

Saya yakin bahwa banyak kegagalan bisnis dapat dihindari jika para wirausahawan benar-benar memikirkan gagasan awal mereka. Misalnya, saya bertemu dua wirausahawan minggu ini yang baru saja membuka restoran pertama mereka. Menu yang dipajang di jendela ditulis tangan, harganya memang lebih murah, tetapi wanita yang melayani di balik meja tampak seperti mayat. Jujur saja, mana ada orang yang ingin makan di sana?

Ketika secara sambil lalu saya berbicara dengan pasangan yang berada di balik usaha baru itu, mereka bercerita mengenai rencana mereka membuka cabang restoran ini. Mereka tampak yakin bahwa mereka akan menjadi McDonalds kedua. Entah bagaimana, saya tidak yakin mereka akan berhasil, tetapi saya berharap sebelum Terlambat mereka menyadari bahwa mereka sebenarnya tidak menawarkan apa-apa. Benar, mereka menawarkan makanan murah. Akan tetapi, masalahnya adalah setengah jumlah restoran yang berlokasi di jalan tempat mereka membuka restoran itu juga menawarkan hal yang sama. Dan, restoran-restoran lain yang menawarkan harga murah sudah mendapat pelanggan setia yang terbentuk selama bertahun-tahun, yang berarti tidak ada imbalan bagi siapa pun untuk mengunjungi restoran teman kita yang murah hati dan periang ini, kecuali barangkali para juru sita.

Gagasan Besar Seharusnya Men jadi Inti Bisnis Anda

Jika Anda sekadar menawarkan sesuatu yang sudah tersedia di mana-mana, sebenarnya Anda tidak perlu repot. Bisnis yang sukses adalah yang tidak mengikuti apa yang sudah ada, tetapi menciptakan celah kecilnya sendiri sebelum pengusaha besar berusaha masuk ke dalam pasar tersebut.

Siapkan diri Anda untuk mewujudkan gagasan-gagasan Anda. Beberapa gagasan yang Anda miliki barangkali semuanya tampak bagus, tetapi pastikan Anda sanggup menembus semua rintangan ini sebelum memulai bisnis Anda.

Saya mulai membuka toko Dutch Bike dari meja dapur. Saya sebenarnya malu mengatakan kepada Anda (tetapi saya akan tetap mengatakannya karena saya yakin, rasa malu saya bisa dimaklumi) bahwa ketika kami memulai bisnis, kami hanya mempunyai satu model sepeda Belanda dan sepeda itu hanya dapat disediakan dalam satu warna. Sekarang, kami mempunyai lebih banyak model, dengan bermacam-macam warna dan spesifikasi. Namun, hal terpenting di sini adalah gagasan kuncinya.

Ketika orang bertanya kepada saya bagaimana saya bisa mendapatkan ide untuk mengimpor sepeda Belanda masuk ke Inggris, saya menjawab bahwa sebelumnya saya ingin membeli sepeda semacam itu untuk saya pakai sendiri, tetapi saya tidak dapat menemukan toko yang menjualnya di mana pun. Jadi, saya memutuskan untuk mengisi sendiri celah itu.

Cobalah diingat sebentar semua usaha yang pernah Anda lakukan untuk membeli sesuatu yang tidak dapat Anda miliki, padahal Anda masih sangat menginginkannya. Biasakan untuk berpikir besar. Jangan memikirkan barang kecil yang hanya berharga beberapa rupiah. Jika gagasan Anda adalah menjual sesuatu yang berharga murah, Anda hanya akan mendapatkan keuntungan amat kecil dari penjualannya. Jadi, apa pun yang Anda pikirkan untuk dijual, itu harus dijual dalam jumlah besar sekali. Bidang ritel massal tidak sesuai untuk kami, wirausahawan meja dapur. Itu adalah wilayah para pengusaha ritel raksasa. Sebaliknya, pikirkan segala sesuatu yang tidak disediakan pengusaha ritel raksasa ini, atau yang tidak akan mereka jual saat ini karena terlalu khusus atau terlalu kecil bagi mereka.

Mulailah mencari di wilayah-wilayah semacam itu dan saya berjanji, Anda akan mendapatkan beberapa gagasan besar.

Leave a Reply