18 March 2013
Category:
Ide Bisnis
Comments: 4

Bisnis Jilbab sangat Menguntungkan

bisnis jilbab

bisnis jilbab

Sebagai Negara muslim terbesar di dunia,In-donesia terdiri atas banyak kaum muslim dan muslimah. Dengan hanya terfokus pada hal tersebut, sebenarnya Indonesia merupakan Negara potensial untuk menciptakan atau berkreasi dalamhal busana. Mengapa bisa seperti itu?

Sebagaimana yang telah Anda ketahui bahwa kaum muslim dan muslimah membutuhkan busana-busana tertentuyang harus dikenakan sebagai bagian dari kewajiban. Misalnya, untuk kaum muslimah yang telah baligh diwajibkan menutup auratnya, yaitu dengan cara berkerudung atau berjilbab.

Dahulu, perkembangan busana muslimah, ter-utama kerudung, tidak marak dan variatif seperti sekarang. Bahkan, untuk gaya berkerudung pun masih terkesan kuno atau kkolot. Akan tetapi, seiring dengan banyaknya perempuan muslim yang me-makai kerudung, tentu kebutuhan terhadap produk kerudung hingga kreasi model atau gaya kerudung, tentu kebutuhan terhadap produk kerudung tersebut terus meningkat.

Oleh karena itu, kini para desainer kerudung berlomba-lomba menghadirkan model-model terbaru yang banyak disukai, terlebih untuk para permpuan muda atau ibu-ibu sekalipun agar tampil modis dan tidak terkesan kuno dan kolot lagi.

Menjadi masyarakat muslim yang modis, kenapa tidak? Lantaran hal itulah , usaha kerudung dapat Anda rintis, mulai dari berkreasi atau gaya terhadap kerudung, hingga menjual dan memasarkan kerudung-kerudung tersebut. Nah, bukankah hal ini merupakan ceruk bisnis yang akan menguntungkan bagi Anda? Kuncinya ialh Anda jangan berhenti untuk terus berkreasi dan jangan peenah mewnyerah ataupun ptus asa.

Usaha tersebut dapat Anda mulai dari berkreasi terhadap kerudun-kerudung yang sudah jadi dengan mengaplikasikan manik-manik atau sejenisnya, kemudian Anda jual ke pasaran. Dalam menjual kerudung, Anda bisa menjualnya di lingkungan sekitar Anda, teman masyarakat, sanak keluarga, tetangga, dan orang-orang di lingkungan sekitar Anda. Bahkan, kelak Anda mungkin bisa menjadi produsen yang sukses dan hebat dalam bisnis ini .

Untuk memulai bisnis kerudung yang diberi manik-manik, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan. Pertama, pilihan jenis kerudung polos dengan beragam model. Model yang variatif dan trendi akan menjadi pilihan utama bagi konsumen. Untuk mendapatkan kerudung seperti ini, carilah grosir kerudung, atau lebih baik lagi Anda mencari produsennya secara langsun. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan harga yang relatif murah. Utamakan kualitas bahan untuk kenyamanan, dan Anda jangan hanya memilih harga yang murah, namun kualitas kerudungnya jele, misalnya cepat melar. Hal ini biasa ditemui pada keerudung bahan kaos dan spandek. Oleh karena itu, cermatlah dalam memilih barang.

Kedua, khusus untuk manik-manik, Anda dapat membelihnya di pusat penjualan kancing. Biasanya, beragam manik-manik dijual di sana. Nah, pilihanlah manik-manik yang tidak membuat kerudung terkoyak saat tercuci.

Ketiga, berkreasilah dalam mengaplikasikan hiasan manik-manik atau sejenisnya pada kerudung polos. Anda dapat melihat majalah atau browsing di internet untuk mengetahui beragam model atau inspirasi hiasan tersebut. Kemudian, seraplah dan berkreasilah sendiri. Jika satu model hiasan sudah tercipta, terus gali dan hadirkan model-model yang lain.

Keempat, jika model hiasan sudah ada, aplikasinya pada kerudung ada, aplikasikan pada kerudung polos. Terlebih dahulu, Anda dapat membuat pola kerudung tersebut dengan menggunakan pwnsil. Tetapi, ingatlah bahwa jangan terlalu tebal karena dikhawatirkan akan mengotori kerudung tersebut.

Kelima, bekerjalah dengan teliti agar hasilnya rapi dan menarik. Teruslah seperti itu sehingga Anda banyak menghasilkan kerudun yang telah dipasangi manik-manik kreasi desain Anda sendiri.

Keenam, jika kerudung sudah seperyti itu, Anda dapat memasarkannya sendiri. Maka, mulailah memasrkan kepada saudara Anda, tetangga, ataupun teman Anda.

Ketujuh, bila dirasa telah mencukupi kualitas dan kuantirtas produksi, maka langkah selanjutnya adalah membuka butik kerudung di rumah. Formatnya sederhana saja. Namun, siapa pun yang datang ke rumah Anda, pastikan bahwa ia dapat melihat beragam kreasi kerudung cantik Anda, sehingga ia tertarik  dan membelinya. Bahkan, Anda harus bersiap jika tiba-tiba ada pesanan kerudung dalan jumlah besar. Jika seperti itu, bwersiaplah pula untuk merekrut tenaga kerja tambahan.

Usaha kerudung yang diberi manik-manik ini cocok dilakukan oleh masyarakat muda yang modis, wanita-wanita muda, serta wanita yang masih mau dan mampu berkreasi mendesain pola manik-manik pada kerudung. Akan lebih baik lagi jika dilakukan oleh seseorang yang dari awal memang menyukai bidang seni atau lukis. Jadi, saat membuat desain dan polanya, ia tidak akan merasa kesulitan.

Lain halnya dengan wanita yang tidak biasa berkreasi atau mendesain sesuatu. Tetapi,hal ini jangan dijadikan sebagai halangan bagi Anda, siapa saja, perempuan maupun laki-laki, untuk merintis usaha ini. Selalu bersemangatlah untuk memulai menjadi orang sukses sejak muda.

Untuk memulai usaha jilbab tidak perlu toko khusus, artinya bisa anda jalankan dari rumah anda. Kebanyakan dijual dengan cara kredit, seperti dibayar 3x sampai 4x, pangsa pasar utama adalah di lingkungan sekitar anda. Tetapi jika anda jeli dalam memasarkannya omzet anda bisa jutaan rupiah setiap bulannya, bisa anda mulai di kegiatan arisan ibu PKK, arisan keluarga, atau perkumpulan yang lainnya. Usaha ini cukup mudah dilakukan oleh siapapun, yang paling penting adalah anda harus dapatkan harga murah dan ambil pada kapasitas maksimal anda bisa, agar mendapat potongan harga lebih besar. Tujuannya adalah mendapatkan profit margin yang lebih besar

4 responses on “Bisnis Jilbab sangat Menguntungkan

  1. Cara dan tips yang bagus sebenarnya memang sesuai isi artikel ini bagaimana untuk usaha jilbab yang murah, saya juga dulu untuk usaha kerudung bagus tidakalah sebesar dan seindah yang kita harapkan modal berpapun asalkan kemauan dan keuletan kita pasti bisa, terima kasih artikelnya sangat bermnafaat sekali

  2. Trimakasih artikelnya… membuka wawasan saya tentang bisnis jilbab

  3. raffin dian perwitasari says:

    saya ingin mulai bisnis jilbab dirumah ,tp masih ragu soalnya tetangga sukanya yg bayar gak mau cas alias nyicil/kredit gmn nich solusinya. klo gak mau ya gak jalan jualan macam kerudung,baju gak ada yg beli

    • admin says:

      Berjualan dengan cara credit menjadi salah satu alternatif, namun cara itu sering kali tidak mengembalikan modal kita, karena potensi credit macet sangat besar. Perlu strategi khusus agar kita sukses bisnis baju dengan cara credit, salah satunya mengamati kemampuan dan komitmen konsumen kita untuk menyicil secara baik dan rutin. Yang kedua tentu kita harus menghindari rasa sungkan, karena bisnis is bisnis, waktunya bayar ya harus diingatkan / ditagih. Hal yang lain kita harus mencadangkan piutang tidak tertagih. Demikian sedikit tips, jangan takut mencoba ya… sukses karena kita berani mencoba..

Leave a Reply